Setting DHCP Server di Cisco Packet Tracer

Written by Azriel Muhammadd on Monday, 22 July 2019

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah sebuah layanan dari server yang berfungsi untuk memberika IP Address secara dinamik atau otomatis kepada client yang merequest (meminta). Keuntungan dari menggunakan layanan ini adalah dimana client tidak perlu repot-repot menkonfigurasikan IP Addressnya secara manual, karena sudah diberikan secara otomatis oleh server.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi konfigurasi DHCP Server di Cisco Packet Tracer, untuk memulainya, silahkan buatlah topologi seperti dibawah ini.


Setelah memberikan IP pada server, maka langkah selanjutnya kita perlu men-setting DHCP Server pada tab service, lalu kemudian kita on kan agar layanan DHCP dapat digunakan.

Lalu silahkan di close saja, dan selanjutnya kita hanya perlu merequest IP DHCP pada setiap client yang ingin menggunakan layanan dhcp tersebut. Lakukan seperti gambar dibawah ini.

Lalu lakukan test ping dari pc-0 ke laptop-0. JIka hasilnya seperti dibawah, maka konfigurasi sudah berhasil.

Demikian lah materi dari Setting DHCP di Cisco Packet Tracer, nantikan materi lainnya seputar jaringan hanya di Einjuro.id

Tags : #Network


Shares :


Azriel Muhammadd
Azriel Muhammadd

Programmer pemula yang selalu di temani Cappucino agar mendapatkan mood terbaik untuk mencari inspirasi <3.



MUNGKIN KAMU JUGA SUKA:


SILAHKAN BERKOMENTAR

Einjuro

Einjuro adalah sebuah website pembelajaran yang diperuntukan bagi siswa-siswi diseluruh Indonesia yang ingin mendapatkan pelajaran tambahan diluar sekolah tentnag perkembangan teknologi.

Pages

  • About
  • Contact