Pengertian dan Cara Install Laravel dengan Composer

Written by Azriel Muhammadd on Monday, 02 September 2019

Pada artikel kali ini saya akan masuk ke materi programming khususnya tentang Framework Laravel yang belakangan ini sedang ramai-ramainya. Jadi kedepannya akan membahas seputar Laravel. Yuk disimak artikelnya.

Pengertian Laravel

Laravel adalah sebuah Framework PHP terbaik yang dikembangkan oleh Taylor Otwell, dibawah lisensi MIT. Sebagai sebuah Framework PHP, Laravel dibangun menggunakan konsep MVC (Model Controller View) yang bersifat open source. Yang menark dari Laravel ialah, ia dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan kualitas web development dengan sintaks yang rapih dan ekspresif sehingga akan memudahkan dan mempercepat proses web development.

Selain Laravel, sebenarnya masih banyak Framework lain yang banyak digunakan oleh para web developer, tapi Laravel ini lebih saya sarankan karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Framework lain.

Persiapan Installasi Laravel

Sebelum masuk installasi Laravel, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang pertama adalah menginstall Composer yang bisa kalian baca disini, dan juga kalian sudah harus menginstall Xampp, jika belum silahkan baca tutorialnya disini. Dan juga silahkan download Install Git Bash (optional) baca tutorialnya disini.

Installasi Laravel

Jika semua persiapan sudah siap, silahkan buka Git Bash atau Command Prompt kalian, lalu masuklah ke direktori dimana kalian ingin menyimpan projek Laravel tersebut, dalam tutorial ini saya akan menyimpannya dalam htdocs.

Lalu ketikan perintah berikut ini untuk masuk direktori htdocs:

cd c:/xampp/htdocs

Lalu kemudian ketikan perintah berikut ini untuk menginstall Laravel menggunakan Composer:

Composer create-project --prefer-dist laravel/Laravel einCode_laravel


Keterangan:

  • create-project adalah perintah untuk membuat projek laravel baru
  • --prefer-dist maksudnya adalah untuk mencari versi Laravel yang paling stabil
  • einCode_laravel adalah nama untuk folder penyimpanan projek Laravel, jadi tidak harus sama tidak apa-apa

Tunggulah proses installasi sampai selesai, dan jika sudah selesai pada direktori, secara otomatis akan muncul dengan nama folder yang sudah kita buat.

Lalu bukalah folder tersebut dengan command prompt kalian atau dengan git bash atau juga bisa langsung dengan terminal bawaan dari text editor kalian. Lalu ketikan php artisan serve.

php artisan serve


Dan silahkan buka broser kamu, lalu ketikan localhost:8000 pada url broser, maka tampilannya akan seperti ini.


Selesaii...!

Nah itulah tutorial pertama tentang Laravel dengan judul "pengertian dan cara install Laravel". Nantikan tutorial-tutorial lainnya tentang Laravel di Einjuro.

Tags : #Programming


Shares :


Azriel Muhammadd
Azriel Muhammadd

Programmer pemula yang selalu di temani Cappucino agar mendapatkan mood terbaik untuk mencari inspirasi <3.



MUNGKIN KAMU JUGA SUKA:


SILAHKAN BERKOMENTAR

Einjuro

Einjuro adalah sebuah website pembelajaran yang diperuntukan bagi siswa-siswi diseluruh Indonesia yang ingin mendapatkan pelajaran tambahan diluar sekolah tentnag perkembangan teknologi.

Pages

  • About
  • Contact