Mengenal Jenis-jenis Kabel Jaringan Komputer

Written by Azriel Muhammadd on Thursday, 18 July 2019

Kabel jaringan adalah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu atau lebih perangkat jaringan ke perangkat jaringan lain, atau bisa juga digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer. Kabel pada sebuah jaringan komputer adalah bagian terpenting dari perangkat keras komputer. Kabel pada jaringan komputer dirancang khusus dan memiliki kriteria tertentu yang berfungsi sebagai media transmisi data.

Kabel jaringan sendiri terdiri dari beberapa jenis kabel. Paling tidak ada 3 jenis kabel jaringan yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan. Berbagai jenis kabel jaringan, seperti kabel Coaxial, kabel serat optik, dan kabel Twisted Pair. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai kabel-kabel tersebut.

Kabel Coaxial

Kabel coaxial adalah sebuah kabel yang membentuk saluran transmisi dan membatasi gelombang elektromagnetik di dalam konduktor tengah pelindung. Kabel Coaxial ini biasa digunakan untuk sebuah Televisi dan sinyal broadcast lainnya. Saat ini penggunaan kabel Coaxial sudah hampir tidak digunakan lagi karena memang tedapat beberapa kelemahan yang dimiliki oleh kabel Coaxial itu sendiri.

Kabel Twisted Pair

Kabel twisted pair dengan konektor RJ-45 yang sekarang ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada pembuatan jaringan komputer. Sesuai dengan namanya, kabel ini tersusun dari beberapa kabel yang dipasang secara dipelintir satu sama lain. Kabel twisted pair ini terdiri dari 3 jenis kabel utama, yaitu:
- UTP (Unshielded Twisted Pair)
- FTP (Foiled Twisted Pair)
- STP (Shielded Twisted Pair)

(Baca : Macam-macam Kabel Twisted Pair)

Fiber Optik

Kabel yang satu ini sedikit unik, karena bahannya yang terbuat dari serat kaca yang dikelilingi oleh beberapa lapisan pelindung. Penerapan serat optik ini memang sedikit lebih mahal dari kabel-kabel lainnya yang terbuat dari tembaga. Tetapi dengan biaya yang lebih mahal kabel ini menawarkan dengan kecepatan transfer yang lebih tinggi dan dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Penggunaan kabel fiber optik bisa ditemukan disetiap rumah yang memiliki jaringan internet seperti Indih*me, Fi*st Media, ataupun Bizn*et.

Kesimpulan
Secara umum dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa setiap kabel diatas memiliki kelebihan dan kekuarang masing-masing. Penggunaan jenis kabel jaringan komputer tergantung pengimplementasiannya atau topologin jaringannya, atau juga tergantung budget yang ada.

Tags : #Network


Shares :


Azriel Muhammadd
Azriel Muhammadd

Programmer pemula yang selalu di temani Cappucino agar mendapatkan mood terbaik untuk mencari inspirasi <3.



MUNGKIN KAMU JUGA SUKA:


SILAHKAN BERKOMENTAR

Einjuro

Einjuro adalah sebuah website pembelajaran yang diperuntukan bagi siswa-siswi diseluruh Indonesia yang ingin mendapatkan pelajaran tambahan diluar sekolah tentnag perkembangan teknologi.

Pages

  • About
  • Contact