Macam-macam Layanan Pada Server Beserta Penjelasannya

Written by Azriel Muhammadd on Monday, 22 July 2019

Client server adalah suatu arsitektur yang dimana client adalah sebagai perangkat yang hanya dapat merequest dan menerima suatu paket/layanan yang akan ditampilkan dan dijalankan pada suatu aplikasi (software). Dan sedangkan server adalah perangkat yang menyediakan dan mengelola layanan yang akan dikirimkan kepada client.

Menggunakan client server ini tentu akan membuat jaringan lebih aman dan tentunya memiliki akses kecepatan yang sangat tinggi, karena fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer.

Dalam sebuah server pasti terdapat beberapa macam layanan atau service yang telah di sediakan menggunakan arsitektur client dan server. Diantaranya adalah, DHCP Server, DNS Server, Web Server, FTP Server, File Server, dll. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing layanan tersebut.

DHCP Server

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah sebuah layanan dari server yang berfungsi untuk memberika IP Address secara dinamik atau otomatis kepada client yang merequest (meminta). Keuntungan dari menggunakan layanan ini adalah dimana client tidak perlu repot-repot menkonfigurasikan IP Addressnya secara manual, karena sudah diberikan secara otomatis oleh server.

DNS Server

DNS (Domain Name System) ini merupakan sebuah layanan memiliki fungsi sebagai translasi dari penamaan host-host kedalam sebuah IP Address, begitu juga sebaliknya. Dengan adanya DNS ini client tidak perlu repot-repot menghafalkan setiap IP yang memiliki angka-angka yang sulit dihafal, karena hanya perlu menuliskan domain yang disediakan oleh server. Contoh IP Address 192.168.172.2 memiliki domain einjuro.com. Maka client hanya perlu menuliskan einjuro.com untuk mengakses IP tersebut.

Web Server

Web server adalah sebuah layanan yang diberikan oleh server yang berfungsi sebagai penyedia wadah untuk menampilkan halaman web yang bisa diakses oleh client. Jadi ketika client mengirimkan permintaan HTTP, maka web server akan merespon dengan mengembalikan request tersebut dengan kode-kode html pada browser.

FTP Server

FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protocol yang digunakan untuk mentransfer sebuah data. FTP ini biasa di gunakan untuk mendownload atau mengupload data-data website ke hosting.

Proxy Server

Proxy server ini biasa digunakan untuk memperkuat keamanan pada sebuah jaringan yang bisa digunakan untuk memfilter permintaan service dari client. Dengan proxy server ini kita bisa memblokir suatu IP agar tidak bisa terhubung dengan perangkat lainnya.

File Server

File server adalah sebuah komputer yang bertugas untuk menampung semua data-data yang dimiliki oleh client. Kapasitar yang dimiliki oleh file server tergantung pada seberapa besar penyimpanan HDD yang dimiliki oleh file server tersebut.

Demikilahkan materi dari Macam-macam Layanan Server. Nantikan materi tentang jaringan lainnya yang akan selalu di update di Einjuro.id

Tags : #Network


Shares :


Azriel Muhammadd
Azriel Muhammadd

Programmer pemula yang selalu di temani Cappucino agar mendapatkan mood terbaik untuk mencari inspirasi <3.



MUNGKIN KAMU JUGA SUKA:


SILAHKAN BERKOMENTAR

Einjuro

Einjuro adalah sebuah website pembelajaran yang diperuntukan bagi siswa-siswi diseluruh Indonesia yang ingin mendapatkan pelajaran tambahan diluar sekolah tentnag perkembangan teknologi.

Pages

  • About
  • Contact